Jumat, 21 Juni 2013

Komisi III: KPK Harus Ungkap Keterlibatan Hatta Pada Kasus Impor Daging

Kamis, 20 Juni 2013


Jakarta, Keterlibatan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dalam kasus korupsi penambahan kuota impor daging sapi perlu terus didalami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Meskipun terdakwa kasus tersebut yakni Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi menyebut nama Hatta hanya dicatut oleh rekananya yakni Elda Devianne Adiningrat.

"Kesaksian Juard Effendi pada persidangan kemarin, yang menyebutkan nama Menko perekonomian perlu didalami oleh KPK. Apakah Elda Devianne Adiningrat hanya mencatut nama Pak Hatta untuk meyakinkan Maria Elizabeth atau bagaimana," ujar Anggota Komisi III DPR RI, dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Al-Habsyi, saat dihubungi, Kamis (20/6).

Aboe Bakar tidak yakin Komisaris PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman percaya begitu saja jika tidak ada kedekatan antara Hatta dan Elda yang merupakan saksi penting dalam kasus ini.

"Sebagai seorang pengusaha senior Maria tentunya tidak sembarangan mempercayai Elda ketika mencatut nama seorang menko, karena menurut rumor yang berkembang mereka memang ada kedekatan, oleh karenanya keterangan tersebut layak untuk didalami," ujarnya.

Ia menambahkan KPK juga sudah selakyaknya menetapkan Elda sebagai tersangka atas perannya yang besar dalam kasus yang juga menjerat mantan Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaaq tersebut.

"Elda terlihat sangat aktif untuk melakukan loby ke berbagai pihak untuk kuota impor daging sapi, ada yang menyebut terdapat 27 rekaman pembicaraan Elda ke Ahmad Fathanah. Namun sampai saat KPK belum menetapkannya sebagai tersangka, padahal sudah bolak balik diperiksa," tegasnya.

Seperti diketahui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta kemarin Juard mengakui keterlibatan Hatta Rajasa dalam pledoinya. Hatta disebut telah menyepakati penambahan kuota impor daging sapi melalui loby yang dilakukan Elda.

Informasi yang dihimpun Aktual.co Hatta memang mengenal Elda. Bahkan Elda dan Elizabeth diketahui kenal dengan istri Hatta Rajasa lewat korps alumni Institut Pertanian Bogor (ITB). Semua sudah disampaikan Elda dan Elizabeth di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Untuk diketahui penambahan kuota impor daging sapi sejak tahun 2011 diputuskan dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pangan yang dipimpin oleh Menkoperekonomian. Rakortas tersebut menghadirkan tiga kementrian yakni Kementrian Pertanian, Kementrian Perdagangan, dan Kementrian Perindustrian. (aktual.co)

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

 

Copyright @ 2015